Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Surat untuk 25 Wakil Rakyat Lembata, Berpesta dan Melayani

 



RakatNtt.com – Profisiat patut kita ucapkan kepada 25 anak Lewotanah Leuawu’ Lembata yang telah dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Lembata, Senin, 2 September 2024. Dengan dilantiknya 25 anak tanah ini, Anda sekalian dinyatakan sah menjadi wakil rakyat bukan menjadi rajanya rakyat.

Sebagai wakil rakyat, Anda sekalian mesti melihat jabatan ini dari kaca mata pelayanan. Artinya, Anda sekalian bukan raja; Anda adalah hamba.  Sebagai hamba, Anda mesti mengetahui tugas-tugas pokok dan tanggung jawab terhadap semua aspirasi masyarakat Lembata. Anda bukanlah wakil pemerintah atau partai politik, Anda adalah wakil rakyat terpilih secara demokratis.

Sebagai 25 orang terpilih, dinamika dalam proses politik adalah hal lumrah. Oleh karena itu, keberhasilan Anda mesti dilihat sebagai kesuksesan Anda melewati dinamika itu. Walaupun demikian, sebagai wakil rakyat, Anda mesti melihat dinamika politik sebagai bagian integral dalam demokrasi. Ketika sudah terpilih maka dinamika politik di kampung atau Dapil Anda mesti dihindari agar Anda fokus dan konsisten pada jalan juang untuk mewujudkan aspirasi masyarakat Lembata tanpa memandang identitas atau tempat asal. Kekompakan Anda sekalian akan dilihat pada cara Anda berdinamika di ruang sidang, Peten Ina – nama gedung yang memiliki makna filosofi mesti benar-benar mengakar dalam nurani pelayanan Anda sebagai wakil rakyat.

Tugas pengontrolan mesti benar-benar dijalankan secara ketat dan terbuka tanpa ada rahasia-rahasia kotor yang perlu disembunyikan dari mata masyarakat. Pengeras suara yang disiapkan rakyat di atas meja Anda tidak boleh mati dan anda tidak boleh tertidur apalagi alpa dalam sidang-sidang rakyat dan sebaliknya setia menerima honor dan tunjangan yang fantastis. Semua keuntungan finansial yang Anda terima harus berbanding lurus dengan tanggungjawab Anda sebagai wakil rakyat. Tanggungjawab dalam pengontrolan, pembahasan anggaran, berusara lantang dan kritis harus benar-benar Anda laksanakan sesuai sumpah Anda di hadapan pemuka agama dan Kita Suci. Terpilih sebagai DPR mau menegaskan tentang wawasan Anda , kemampuan Anda dalam berdialektika, membaca anggaran dll bukan sekadar mengenakan pakaian kebesaran.

Sebagai anak Lembata, Anda tentu tahu kondisi yang dialami oleh masyarat lembata. Masyarakat kita merindukan perubahan. Refleksi tetang ini mesti tertanam dalam hati semua wakil rakyat. Walaupun dalam politik selalu ada persaingan tetapi yang harus disadari adalah memiliki tujuan yang sama yakni demi kebaikan bersama. Pesta pora usai pelantikan mesti juga mendorong Anda untuk berpikir bahwa masih ada orang kecil di sekitar Anda yang membutuhkan bantuan dan pelayanan Anda yang tulus.

Akhirnya kami mengucapkan selamat atas keberhasilan Anda mendapatkan dukungan rakyat, bekerjalah secara sadar dan mendengarkan suara nurani, jangan menciptakan masalah yang merugikan rakyat kecil. (Editorial)

Post a Comment for "Surat untuk 25 Wakil Rakyat Lembata, Berpesta dan Melayani"