Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SMPN 4 Omesuri Lolos Babak Final Ki Hajar STEM Nasional, Wakili NTT

 



RakatNtt.com - Sekolah yang berdiri kokoh di atas batu karang, SMP Negeri 4 Omesuri, Kabupaten Lembata, berhasil melaju ke babak final ajang Ki Hajar STEM Nasional setelah unggul dari pesaingnya yang juga dari Kabupaten Lembata yakni SMP Negeri 2 Nubatukan di tahap advance. 

Prestasi ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi sekolah tersebut, sekaligus mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam kompetisi bergengsi yang didedikasikan untuk pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di kalangan pelajar Indonesia.

Program PembaTIK dan Ki Hajar STEM, yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, menjadi platform penting bagi guru dan siswa untuk meningkatkan kemampuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). 

Menteri Pendidikan Nadiem Anwar Makarim, dalam peluncuran PembaTIK dan Ki Hajar STEM 2024 yang disiarkan langsung melalui YouTube dan Televisi Edukasi pada Kamis (13/6), menegaskan pentingnya program ini sebagai dukungan terhadap implementasi Kurikulum Merdeka.

Perjalanan SMP Negeri 4 Omesuri menuju babak final tidaklah mudah. Mereka harus melewati berbagai tahap seleksi yang ketat, dimulai dari Ki Hajar STEM Basic, di mana setiap tim berkompetisi di tingkat provinsi. 

Selanjutnya, mereka lolos bersama 19 tim lainnya dari NTT ke tahap Intermediate, dan menjadi 2 terbaik dari NTT dan berhak lanjut ke babak Advanced. 

Di tahap ini TIM SMPN 4 Omesuri menghasilkan sebuah proposal berjudul "IRIGASI TETES DARI BAMBU" beserta desain posternya. Proposal sederhana yang kreatif ini terpilih mewakili Provinsi NTT di tahap final berdasarkan SK penetapan dari penyelenggara Ki Hajar STEM. Di tahap final ini mereka akan bersaing dengan tim terbaik dari seluruh Indonesia.

"Tim terbaik dari tiap jenjang di setiap provinsi yang lolos dari tahap Advanced akan mempresentasikan proyek mereka di babak final nasional," ujar Engki Bao, guru pendamping Ki Hajar STEM dari SMP Negeri 4 Omesuri.

Sebagai pendamping, Engki menyampaikan harapannya agar tim mereka bisa menyelesaikan babak final dengan baik, bahkan meraih kemenangan. 

“Ini adalah harapan kita semua demi mengharumkan nama NTT khususnya pada bidang Pendidikan, semoga SMP Negeri 4 Omesuri mendapat hasil yang baik dan jika perlu meraih kemenangan,” katanya. 

Lebih penting dari semua itu, semoga ide kreatif dari tim ini bisa diterapkan secara masif dan menjadi solusi bagi petani dalam menghadapi masalah kekurangan air dan perubahan iklim yg kurang menentu.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lembata, Kepala Bidang SMP, Kepala Sekolah, serta seluruh rekan sejawat di SMP Negeri 4 Omesuri yang telah memberikan dukungan penuh kepada tim dalam ajang ini.

Dengan semangat yang tinggi, SMP Negeri 4 Omesuri siap membawa nama NTT ke pentas nasional dan membuktikan bahwa mereka mampu bersaing di level tertinggi ajang Ki Hajar STEM 2024. (Humas) 

Post a Comment for "SMPN 4 Omesuri Lolos Babak Final Ki Hajar STEM Nasional, Wakili NTT"