Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Hebat, Siswi SMPN 1 Omesuri Ikut Kegiatan Bintang Sobat SMP di Jakarta

Brigita Liwa Jawang bersama guru pendamping




RakatNtt.com - Pada tahun ini SMP Negeri 1 Omesuri mengirim 1 orang perwakilan atas nama Brigita Liwa Jawang, biasa dipanggil Inggrit, siswi kelas 7 yang berusia 13 tahun untuk mengikuti Ajang Bintang Sobat SMP 2024.

Inggrit mengikuti rangkaian seleksi ini mulai dari bulan April hingga Mei 2024 tepatnya di tanggal 22 Mei 2024. 

Adapun program prioritas yang dikampanyekan Inggrit pada video kreatifnya adalah Gerakan Sekolah Sehat. 

Sebagai informasi pada tahun ini ada 2 sekolah yang mewakili Kabupaten Lembata mengikuti ajang Bintang Sobat SMP yakni SMP Negeri 2 Nubatukan dan SMP Negeri 1 Omesuri. 

Namun yang berhasil lolos dan dinobatkan menjadi Bintang Sobat SMP Kabupaten Lembata tahun 2024 adalah Brigita Liwa Jawang dari SMP Negeri 1 Omesuri. 

Total peserta yang mengikuti ajang ini sebanyak 1552 siswa SMP di seluruh Indonesia dan yang berhasil lolos hingga tahap akhir adalah 82 orang siswa yang mewakili kabupaten kotanya masing-masing. 

Dalam mengikuti proses seleksi ini Inggrit dibimbing oleh guru pendamping Veronika Avelinda Tonjo. 

Setelah terpilih menjadi bintang Sobat SMP kabupaten Lembata maka Inggrit mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Bintang Sobat SMP 2024 yang diselenggarakan di hotel Mercure Ancol Jakarta Utara mulai dari tanggal 9-12 Juli 2024. 



Pada kegiatan ini Inggrit belajar mengenai program prioritas Kemdikbudristek, personal branding, etika/manner, public speaking, pembuatan konten grafis, pembuatan video kreatif dan pengelolaan sosial media yang dibawakan oleh para narasumber hebat. 

Ketika dihubungi, Inggrit mengaku sangat senang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan ini karena dapat mengasah kepercayaan diri serta kemampuan public speaking. 

Inggrit juga sangat senang dan bersyukur karena mewakili kabupaten Lembata pada kegiatan peningkatan Kapasitas Bintang Sobat SMP di Jakarta. 

Inggrit senang karena selain mendapat pengetahuan baru, Inggrit juga dapat bertemu teman-teman baru yakni Bintang Sobat SMP hebat dari berbagai kabupaten kota di Indonesia. 

"Saya sangat senang bisa ikut kegiatan ini. Saya bisa belajar pengalaman baru," ungkapnya.

Pada saat mengikuti kegiatan di Jakarta, Inggrit juga diminta oleh tim sosial media direktorat SMP untuk membuat konten promosi Bintang Sobat SMP dan diposting pada akun instragram direktorat SMP.

Kepala Sekolah SMPN 1 Omesuri, Agustinus Beni mengungkapkan rasa bangganya pada Inggrit atas pencapaian ini. 

Ia mengatakan, Bintang Sobat SMP yang diikuti oleh peserta didik atas Nama Brigita Liwa Jawang merupakan  program untuk menjaring peserta didik jenjang SMP yang berjiwa Profil Pelajar Pancasila dan diharapkan melalui kegiatan ini dapat menjadi panutan bagi  teman sebaya sebagai ekosistem pendukung dalam memberikan informasi yang relevan dan bermanfaat bagi peserta didik di lingkungan SMPN 1 Omesuri. 

Agustinus Beni, S.Pd, Kepala Sekolah SMPN 1 Omesuri


"SMPN 1 Omesuri  memberikan motivasi kepada siswa untuk mereka bisa menjadi siswa yang berani untuk bersaing secara positif dan memperlihatkan kemampuan mereka menjadi siswa terbaik, dengan senantiasa aktif dalam berbagai ajang yang diselenggarakan  di bidang Pendidikan dan salah satunya adalah ajang Bintang Sobat ini," ungkapnya. 

"Sebagai pimpinan satuan Pendidikan  saya memberikan dukungan penuh dan  sangat mengapresiasi  guru pendamping yang telah mengorbankan waktu dan tenaga yang telah berperan sebagai mentor dan memberikan bimbingan kepada siswa dalam pengembangan minat dan bakat anak dan membantu memaksimalkan minat dan bakat peserta didik hingga dapat meraih prestasi yang membanggakan, lanjut Agustinus Beni. 

"Komitmen kami adalah bekerja sama dan Komunikasi. Terima kasih juga bagi Orang tua yang telah mengizinkan dan merestui sehingga  guru pendamping bisa mendampingi Inggrit di luar jam sekolah.Terima Kasih untuk Kepala Dinas Pendidikan yang telah membantu memperlancar Proses Kegiatan ini. Tak lupa Kepala Bidang Pembina SMP yang selalu berkoordinasi dan mengawal  Tahap demi tahapan  kegiatan ini. Juga bagi Masyarakat Peduli Pendidikan, pastikan SMPN 1 Omesuri sebagai pilihan pertama untuk bergabung mengembangkan bakat dan Pengetahuannya," tutupnya. 

Apa itu Bintang  Sobat SMP 2024? 

Bintang Sobat SMP 2024 adalah sebuah ajang yang diselenggarakan oleh Direktorat SMP Kemendikbudristek untuk menjaring peserta didik SMP terbaik di seluruh Indonesia yang memiliki karakter pelajar Pancasila dan mampu menjadi role model bagi  teman sebayanya di bidang pendidikan.

Adapun sasaran Bintang Sobat SMP adalah peserta didik yang berada pada tingkatan kelas 7 dan kelas 8. 

Mereka dipilih satu orang peserta didik dari masing-masing kabupaten kota di Indonesia untuk mewakili daerahnya dan dinobatkan sebagai bintang sobat SMP.



Tahapan seleksi Bintang Sobat SMP terdiri atas dua tahap yakni tahap pembuatan video profil yakni peserta didik diminta membuat video perkenalan dirinya yang menjelaskan minat dan bakat serta hobi peserta didik bersangkutan.

Video ini kemudian diposting pada akun pribadi instagram ataupun tiktok peserta didik. Setelah dinyatakan lolos tahap 1 maka tahapan berikutnya adalah membuat konten video kreatif yang menjelaskan tentang salah satu program prioritas Kemendikbudristek. 

Pada tahap ini peserta didik juga diminta mengupload biodata diri. Peserta yang lolos tahapan video kreatif kemudian melakukan sesi wawancara yang dilakukan secara online melalui zoom meeting.

Peserta yang berhasil lolos tahapan wawancara dikukuhkan menjadi Bintang Sobat SMP 2024 mewakili daerahnya dan berhak mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Bintang Sobat SMP 2024 yang dilakukan secara tatap muka di Jakarta.***


Post a Comment for "Hebat, Siswi SMPN 1 Omesuri Ikut Kegiatan Bintang Sobat SMP di Jakarta"